Perbedaan Gsm dan Cdma blackberry


Perbedaan jaringan GSM dan CDMA pada Blackberry

                    Kelebihan dan Kekurangan BlackBerry CDMA. Sudah kita ketahui bersama, bahwa pengguna BB (istilah umum sebutan untuk BlackBerry) saat ini sangat banyak, dari berbagai kalangan dari yang bawah sampai atas, serta harga BlackBerry sekarang sudah terjangkau. Maka dari itu saya berikan info ini mungkin bisa bermanfaat bagi yang mau membeli BB. Nah yang jadi persoalan adalah type blackberry yang tersedia untuk jaringan GSM dan juga CDMA, mana yang akan dipilih. Pada dasarnya baik BlackBerry CDMA maupun BlackBerry GSM tidak ada perbedaan yang berarti, kecuali dukungan network untuk layanan BIS (BlackBerry Internet Service)-nya. Di sini tentu saja BlackBerry CDMA bekerja di jaringan operator CDMA (seperti Esia, Smartfren), dan BlackBerry GSM berjalan di jaringan milik operator GSM (seperti Telkomsel, XL, Axis, Three, Indosat).

                  Tapi, untuk harga jualnya di pasaran cenderung murah bagi BlackBerry CDMA, dikarenakan ponsel ini biasanya hadir dengan paket bundling operator. Jadi sudah mendapat subsidi dari operator bersangkutan. Hanya saja, biasanya BlackBerry ini sistem nomor kartunya dikunci (locked), khusus untuk digunakan layanan operator pem-bundling. Jadi, tak bisa dipakai untuk kartu CDMA lainnya. Dan juga, biasanya model kartunya inject, alias nomor tanam, bukan model SIM card biasa. Untuk ukuran kekuatan jaringan, memang coverage GSM jauh lebih luas dibanding CDMA, khususnya operator GSM yang sudah lama dan memiliki banyak pelanggan. Namun, kemampuan datanya bisa dibilang hampir setara. Bila GSM punya 3G/HSDPA maka di CDMA ada EV-DO. Bahkan, di Smartfren sudah level EV-DE Rev.b, sebagai kelanjutan Rev. A, dengan kecepatan akses yang lebih handal.


                  Perangkat/device yang dipakai di BlackBerry CDMA pun sebenarnya tak jauh berbeda, baik desain maupun dukungan fiturnya. Misal, BlackBerry Gemini 8520 (versi GSM) memiliki saudara kembar dalam varian CDMA, yakni BlackBerry Aries 8530. Jadi intinya tak ada perbedaan yang signifikan atau tak terlalu jauh, kecuali masalah coverage jaringan, yang harus disesuaikan dengan kondisi daerah tempat Anda tinggal. Apakah di daerah Anda coverage GSM lebih bagus, atau kah CDMA-nya yang lebih powerfull.


               Dari aspek teknologinya baik GSM maupun CDMA merupakan standar seluler digital, hanya bedanya dimana GSM dikembangkan oleh negara bagian Eropa yang bersifat " Open Source " sedangkan CDMA dikembangkan Amerika dan Jepang. Terbukti kan memang dari dulu negara - negara seperti Jepang, Amerika, Eropa serta Cina sudah menguasai teknologi yang sangat maju. Teknologi CDMA ini didesain tidak peka terhadap interferensi dan sejumlah pelanggan atau user dalam satu sel dapat mengakses spektrum frekuensi secara bersama dengan user lain karena menggunakan teknik pengkodean tertentu. CDMA memiliki kelebihan yang ditawarkan kepada usernya yaitu komunikasi seluler tidak lagi rawan radiasi, tidak terputus putus, tarif menjanjikan lebih murah jadi jangan heran, kaget atau panik jika tarif antar CDMA itu murah yah hehe. Bagaimana dengan GSM ? Ternyata GSM juga punya keistimewaan yaitu adanya standadisasi interface antar masing masing sub sistem. Dengan demikian maka GSM menjanjikan bahwa suatu sistem tidak harus dikuasai oleh satu merk dimana Switching, Base Station dapat berasal dari merk yang berbeda.

         Dahulu saat pertama kali Blackberry hadir di Indonesia banyak yang masih menggunakan jaringan GSM. Dan kini, setelah sebelumnya operator Smart yang bermain di BB CDMA, juga telah hadir Blackberry 8530 AHA.

       AHA itu Esia bukan? setahu saya AHA itu divisi dari btel bagian data sedangkan Esia menangani bagian
 voice, dengan sistem penomoran sama. Bedanya esia gak bisa data sedangkan AHA bisa data & voice  sekaligus, untuk tarif voice juga sepertinya sama.






Berikut Perbedaan GSM dan CDMA di Blackberry
secara garis besar :

1. Mengenai tarif secara global, bukan rahasia lagi
ya kalau CDMA masih lebih murah ketimbang GSM

2. Kalau bicara masalah kecepatan data, rata rata
BlackBerry CDMA sekarang sudah 1xEVDO yang
setara 3G-3.5G.Kualitas jaringan CDMA bagaimana?
CDMA atau GSM bukan faktor penentu jaringan tapi
operator, bandwith, jumlah pengguna dll.

3. Blackberry GSM menggunakan kartu SIM,
sedangkan Blackberry CDMA yang hadir di
Indonesia tidak mengunakan kartu, istilah nya
inject. Inject sendiri adalah sebuah proses
mendaftarkan ESN ke sistem jaringan mereka.


-Kelebihan selanjutnya adalah akses yang cepat, karena banyaknya pengguna Blackberry GSM yang mengeluhkan tentang lemotnya Blackberry mereka, menjadikan banyak orang mulai beralih ke Blackberry CDMA yang sampai saat ini masih terkenal dengan aksesnya yang cepat, tidak pending dan tentu saja menjadikan berita baik bagi para anti lemot.

-Jika tarif paket Blackberry pada kartu GSM terkesan mahal, maka untuk pengguna Blackberry cdma hal itu tak jadi soal, karena paket pada Blackberry ini terhitung murah, paket yang ditawarkan oleh smart fren untuk paket Blackberry adalah 67.000 untuk paket unlimited yang biasanya 99.000 pada kartu GSM, sedangkan jika kita menggunakan kartu gsm untuk menikmati bbm dan social network dan email kita harus keluar pulsa 70.000 per bulan maka jika kita menggunakan Blackberry CDMA kita hanya perlu membayar 40.000, murah kan.. inilah kelebihan selanjutnya di Blackberry CDMA.

Dan sepertinya hanya dengan 3 kelebihan tersebut sudah dapat menarik minat masyarakat yang begitu besar, dan sekarang giliran kita menilik lebih lanjut tentang kelemahan Blackberry CDMA, karena jika ada kelebihan pastilah ada kekurangannya juga.

-Kekurangan yang pertama adalah Blackberry cdma adalah type Blackberry yang menggunakan sistem kartu injeck, jadi kita tidak bisa dengan leluasa mengganti kartu kita.

-Kekurangan yang berikutnya adalah untuk semua type cdma biasanya lebih boros dari yang gsm, jadi siap-siap beli baterai yang dooble power ya.

-Berikutnya adalah biasanya untuk Blackberry CDMA sering sekali mengalami gangguan pada softwarenya, jadi sering-seringlah backup data anda buat jaga-jaga.
Perbedaan Gsm dan Cdma blackberry 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Perbedaan Gsm dan Cdma blackberry' On ...

Ditulis oleh: iwansky - Kamis, 08 Maret 2012

Belum ada komentar untuk "Perbedaan Gsm dan Cdma blackberry"